25/01/2011 11:38:15
Lima Rumah Pompa Baru Siap Dioperasikan

Dinkominfo – Lima rumah pompa baru yang telah rampung dibangun kini siap dioperasikan pada musim hujan sekarang ini. Kelima rumah pompa tersebut terletak di wilayah Jemursari, Wonorejo, Medokan Semampir, Medokan Ayu dan Kenjeran. Pembangunan rumah pompa ini terkait dengan upaya Pemerintah Kota Surabaya untuk mengatasi banjir di Kota Surabaya.

Lima rumah pompa tersebut masing-masing memiliki satu unit pompa air. Dengan demikian, kini Surabaya memiliki 39 rumah pompa dan didalamnya terdapat 69 unit pompa air yang sebelumnya Surabaya telah memiliki 34 rumah pompa dan 64 unit pompa air.

Erna Purwati, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan mengatakan jika rumah pompa yang ada di Jemursari dan Wonorejo merupakan bantuan dari Pemerintah Propinsi Jatim, sedangkan tiga rumah pompa yang ada di Medokan Semampir, Medokan Ayu dan Kenjeran dari bantuan Pemerintah Pusat.

Menurut Erna, kendala paling krusial dalam pengoperasian rumah pompa hanyalah masalah listrik. Biasanya saat hujan deras turun listrik untuk menghidupkan mesin pompa tiba-tiba mati. Akibatnya upaya pengurangan genangan ditengah kota terhambat.

“Untuk mengantisipasi masalah listrik padam, Pemkot Surabaya sudah menyiapkan mesin diesel untuk pengoperasian mesin pompa di bozem-bozem tersebut. Namum ada beberapa rumah pompa belum dilengkapi mesin diesel,” pungkasnya.(*)

Bookmark Button
Wisata & Lokasi Menarik
Sparkling Surabaya