27/06/2013 09:10:54
Sekolah Swasta Diwajibkan Buka Jalur Mitra Warga

Bertempat di Gedung Aula SMKN 6 Surabaya, Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya memberikan pengarahan langsung terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur mitra warga. Seluruh kepala sekolah swasta mulai jenjang SD sampai SMA mengikuti pengarahan ini.

Berdasarkan Peraturan Daerah ( PERDA ) No.16 tahun 2012 tentang penyelenggaraan pendidikan di kota Surabaya, sekolah swasta diwajibkan menerima siswa dari keluarga yang kurang mampu (miskin) untuk mengenyam pendidikan di Surabaya dengan kuota yang telah ditetapkan yakni 5 %. 

Kabid. Pendas Dispendik Eko Prasetyoningsing menjelaskan bahwa pemerintah kota (pemkot) Surabaya melalui Dispendik juga akan memberikan bantuan berupa seragam sekolah, alat tulis kepada siswa yang kurang mampu guna membantu mereka menempuh pendidikan. 

Disamping itu, Kadispendik Surabaya, Ikhsan menghimbau para kepala sekolah swasta bersama para pengurus OSIS untuk menyiapkan masa orientasi sekolah (MOS) yang pada tahun ini berganti nama menjadi layanan orientasi sekolah (LOS). 

Lebih lanjut, Kadispendik Ikhsan menerangkan, ada empat hal yang menjadi titik berat dalam LOS ini, yakni membuat lingkungan sekolah menjadi nyaman dan menyenangkan bagi siswa baru, menyiapkan kegiatan secara serentak (student movement) baik itu kegiatan pelestarian lingkungan, sosial, dan kegiatan-kegiatan lain yang positif, kemudian dalam LOS ini nanti para siswa baru akan dibekali pengetahuan tentang penggunaan internet yang sehat, kreatif dan inovatif serta adanya lomba antar sekolah melalui dunia maya. 

Bookmark Button
Wisata & Lokasi Menarik
Sparkling Surabaya